Misbah's Blog

Kehidupan Penuh Dengan Cerita

ANTARA PACARAN DAN HOTDOG!

Kali ini saya mau share obrolan saya bersama temen saya, dia akhwat lho.

post saya lumayan panjang dan sedikit KONTROVERSIAL! Ini dikarenakan saya susah menjelaskan dan masih bersifat PRO & KONTRA!! Jadi jangan bosan membaca sampai habis ya. hehehe.
SEMOGA BERMANFAAT!

BAIK, MARI KITA MULAI!!

Obrolan demi obrolan tidak begitu menarik, hanya bercanda-canda saja isinya. tapi ketika sampai pada obrolan tentang pacaran, WAAOOOWWW!!! AMAZING!! *Lebay*
hehehehe..

Kenapa amazing?? Karena pandangan kita BERBEDA dalam memandang pacaran,. Seperti kita ketahui, sebagian orang menganggap pacaran itu haram hukumnya, dan sebagian menganggap tidak, iya kan??

Lalu kenapa perbedaan itu bisa terjadi?? Karena kita berbeda dalam menilai suatu permasalahan. Hhhmm, SUDUT PANDANG kita berbeda, POLA PIKIR kita berbeda, LINGKUNGAN kita berbeda, dan masih banyak hal yang berbeda antara individu lainnya. karena perbedaan inilah menghasilkan PERBEDAAN dalam menanggapi suatu permasalahan..

Sebenarnya PERBEDAAN ini tidak perlu DIPERSALAHKAN, ini normal terjadi. Tapi kesalahan yang sering kita lakukan adalah menyalahkan ORANG LAIN yang berbeda pendapat dengan kita, atau mengganggap pendapat kita yang paling benar sendiri, tanpa mengerti pendapat orang lain dan kenapa orang lain berpendapat seperti itu. Kondisi-kondisi seperti inilah yang sering berujung ke hal-hal yang tidak mengenakan. Disini diperlukan saling menghargai perbedaan dan juga saling mengerti, bukan ingin dimengerti.

Saya selalu berupaya untuk tidak terjebak dalam pemikiran seperti itu..

OKE, kita kembali ke obrolan bersama teman saya ini,..

Jadi intinya seperti ini, saya menganggap pacaran boleh-boleh saja, bisa haram bisa halal tergantung dari PELAKU SENDIRI. Tapi teman saya menganggap pacaran itu HARAM!!

Apa yang teman saya jelaskan tentang HARAMNYA PACARAN sudah sering saya dengar, kalau tidak di dunia maya, di buletin-buletin agama sering terpampang masalah seperti ini. Saya khusyuk mendengarkan celotehan teman saya ini, ya dia memang terkenal banyak ngomong, ibarat burung mungkin dia burung beo yang bekerja jadi juru bicara, cerewetnya BUKAANN MAAIIINNN!!

Kadang saya sering heran terhadap perempuan. Kenapa kebanyakan perempuan itu sering BANYAK NGOMONG atau CEREWET? mereka seakan menikmati pembicaraan yang sedang mereka kerjakan. ketika berada di tengah pembicaraan antara perempuan, saya sering bingung kenapa mereka kalau berbicara sering melompat-lompat dari topik satu ke topik yang lain. lalu tanpa angin tanpa hujan, tiba-tiba topiknya berpindah ke topik yang lain lagi, yang mungkin tidak ada hubungan sama sekali dengan topik semula. dan kalau kita mendengarkan dengan seksama, tanpa sadar kita sering dikagetkan ternyata topik telah kembali seperti sedia kala.
hhhmmm, tidak perlu membicarakan hal ini, takut keluar topik lagi dan ujung-ujungnya semakin bingung. -,-

OKE KITA LANJUTKAN!

Setiap perkataan yang diucapkan saya dengarkan dengan baik. Kalau diminta pendapat, saya menjawab seperlunya saja. Setidaknya saya tahu sudut pandang teman saya ini dalam hal pacaran..

Mungkin karena penasaran, teman saya meminta pendapat atas apa yang dia kemukakan, ya saya menjawab iya iya saja, karena memang yang dikatakan benar. Tapi satu yang sedikit kurang setuju, yaitu PACARAN HARAM..

Karena merasa kurang setuju dengan jawaban saya, dia minta alasan atas kenapa saya bilang PACARAN TIDAK HARAM..

Hhhmmm, pendapat saya inilah yang hendak saya share ke teman-teman. Mungkin teman-teman kurang setuju atau gimana, tapi ini toh pendapat saya.. ^.^

Jadi begini pandangan saya dalam hal PACARAN.

Ketika hendak menjelaskan, saya bertanya dahulu ke teman saya,..
Apa dia kenal dengan HOTDOG?? Hhmm, semua orang pasti kenal ya?? Sungguh pertanyaan yang bodoh.

HOTDOG adalah makanan yang berisi daging anjing, hukumnya haram. Karena apa?? Ya karena makanan itu mengandung daging anjing..

Nah saya tertarik dengan perkataan “SESUATU YANG HARAM TETAPLAH HARAM, WALAUPUN DIKEMAS SEDEMIKIAN RUPA TETAPLAH HARAM”. Nah disini yang jadi pertanyaan, apakah kemasannya juga haram jika tanpa sesuatu yang haram tersebut?

Jadi dengan kata lain hotdog hanyalah sebuah kemasan. Lalu timbul pertanyaan bagaimana kalau yang HARAM itu diganti dengan yang HALAL??? Ya jadi hotdog bukan dari daging anjing lagi, tapi daging sapi atau apapun yang halal. apakah itu menjadi halal atau tetap haram??

Nah inilah cerminan saya dalam menganggap HUKUM PACARAN.
Pacarannya tidak haram. yang haram yaitu ISINYA. Lalu isinya itu tergantung dari PELAKU pacaran tersebut.

Hhmm sedikit membedakan kalau hukum pacaran tergantung dari pelakunya. saya bertanya “apakah seorang pemuda berpacaran tanpa iman berbeda dengan seorang ustad/ustadzah dalam berpacaran??” Pasti berbeda kan?? Yang membedakannya itu cara MENGAPLIKASIKAN PACARAN tersebut. Ibarat mangkok adalah pacaran, maka isinya lah yang menentukan halal haramnya. Esensi mangkok tetaplah halal.

Tapi yang menjadi permasalahannya, pacaran ini telah dikhususkan untuk yang haram. Ibarat hotdog, telah dikhususkan untuk daging anjing. Sehingga tak perlu heran ada banyak yang menganggap pacaran haram, mereka melihat isinya, tapi tidak melihat esensi pacarannya. ya saya menganggap itu benar, pacaran haram kalau isinya haram.

OKE DISINI SUDAH JELAS BELUM MAKSUDNYA??
jelas kan, jelas donk πŸ˜€

Hhmmm kalau begitu pacaran menurut saya apa??

Hhhmm, kalau menurut saya pacaran itu adalah “suatu IKATAN hubungan antara 2 LAWAN JENIS yang bertujuan untuk MASA DEPAN keduanya. Sehingga MENGHASILKAN berbagai RASA EMOSI, seperti nyaman, sayang, cinta, cemburu, kangen, bertanggungjawab, saling percaya dan lain-lain.” STOP! Sampai disini definisinya, tidak kurang, tidak lebih. hehehehe, saya memang suka mendefinisikan sesuatu hal menurut saya sendiri.

Nah dari ikatan emosi seperti ini, orang MENGAPLIKASIKANNYA dengan hal-hal yang BERBEDA pula. Dan hal-hal inilah yang menyebabkan hukum pacaran menjadi HALAL atau HARAM, bukan dari PACARANNYA, tapi dari BAGAIMANA CARA MENGAPLIKASIKANNYA. Selama masih berada di batas-batas agama yang diperbolehkan maka hukum pacaran tetaplah halal. Tapi bila sudah melampaui batas, maka berubahlah menjadi haram.

MENGERTI TIDAK CARA PANDANG SAYA??

Entah terima atau tidak, teman saya cuma manggut-manggut saja.

Timbullah kenakalan dalam diri saya. Karena iseng, saya bertanya ke dia. “Apa dia punya pacar??”

Jawabnya kayak gak terima gitu,. “Yee, gw mah gak pacaran tau! Tapi udah punya calon.. Tapi enggak pacaran”. Dia seakan-akan ingin menjelaskan kalau dia punya calon tetapi tidak berpacaran.

Nah ini dia yang saya maksudkan. πŸ˜€

dia Ada ikatan dengan calon, tujuannya ke masa depan (pernikahan), menghasilkan emosi yang tadi saya sebutkan. Hahaha,..

Tapi tetap saja teman saya bersikukuh kalau dia tidak berpacaran,. Ya tak papa tak mama lah.. -_-”

Btw saya juga ditanya “Kenapa gak punya pacar?”
Yah ini lah pertanyaan yang susah saya jawab.,

Saya bilang saja kalau saya belum saatnya berpacaran, masih ada hal yang lebih penting dari itu yang harus saya nomor satu kan!
Padahal alasan sebenarnya, tau sendirilah.. hehehehe

Iklan

1 Komentar»

  niunai wrote @

mw share pendapat juga nih……
menurut saya PACARAN ITU HALAL,, kalau dilakukan dengan yang muhrimnya..
sebenernya pacaran itu cuma statusnya aja…
n rata2 orang yang pacaran itu ga punya hijab atau batasan antara lawan jenis, maka’a kenapa pacaran itu diharamkan..
udah jelas, antara laki-laki dan perempuan itu harus ada batasannya, baik secara fisik maupun psikis… maksud’a psikis disini adalah saling menjaga hati untuk tidak jatuh ke zina hati…

laa ta’robu zina.. jangan sekali-kali mendekati zina…
dan pacaran itu salah satu jalan mendekati zina..
ga bisa ditoleransi jadi mubah…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: