Misbah's Blog

Kehidupan Penuh Dengan Cerita

4 roda kesuksesan

setelah gw baca sebuah artikel tentang sebuah KESUKSESAN, mata gue seakan mulai terasa terbuka,,,

hahahaha, selama ini ternyata gw salah!! eh, enggak deng, tapi lebih tepatnya kalau di bilang belum lengkap. kenapa???
karna sebuah kesuksesan harus melalui BEBERAPA TAHAP, dan itu gak cuma sekali aja, tapi BERKELANJUTAN.

nah, lalu kenapa gw bilang kalau gw blum lengkap?

nah gini penjelasannya! untuk membayangkan bagaimana sebuah kesuksesan diraih, kita dapat mengibaratkan sebuah kesuksesan itu seperti sebuah mobil. Dibutuhkan 4 RODA untuk bekerja secara simultan agar dapat membuat mobil tersebut berjalan. Jika SALAH SATU rodanya copot, maka mobil tersebut tidak dapat berjalan. nah, KALAU KITA INGIN SUKSES, DIBUTUHKAN 4 RODA TERSEBUT!!

lalu apa saja roda tersebut??
Roda tersebut adalah: Learn, Practice, Apply, Repeat.

LEARN adalah fase BELAJAR TEORI,
PRACTICE adalah fase MEMPRAKTEKAN TEORI,
APPLY adalah fase membuat PRAKTEK tersebut menjadi BAGIAN diri anda
REPEAT adalah fase BELAJAR dari KESALAHAN dan mengulang kembali prosesnya

nah, selama ini ternyata gw cuma di bagian TEORI aja. ya! gw cuma baca-baca aja tapi enggak gw aplikasikan. aplikasikan disini yaitu PRACTICE, APPLY dan REPEAT .

OKE, coba kita ambil contoh yuk biar gampang dicerna!

sekarang kita misalkan saja kita adalah seorang yang SUSAH UNTUK BERKOMUNIKASI DENGAN ORANG BANYAK , nah kayak gini biasanya lebih dijangkiti oleh para cowok, termasuk gw, ( alasan ini bisa gw jelasin secara ilmiah kenapa seorang cowok kok susah ya kalau ngomong dibandingin cewek, tapi gak sekarang), hahahaha… tapi enggak semua cowok seperti itu, bahkan cewek pun ada yang susah berbicara di depan umum. hahaha, back to topic!

akhirnya kita mempunyai keinginan untuk dapat lancar berbicara di depan umum, usaha yang biasa sering kita tempuh adalah dengan mencari referensi – referensi atau sumber-sumber yang berkaitan dengan komunikasi. nah disini namanya LEARN. lalu setelah mempelajari timbullah sebuah pertanyaan?

“kok saya sudah BACA semua buku tentang bagaimana berkomunikasi dengan baik, saya sudah HAFAL semua Kalimat yang ada di dalam buku, saya sudah TAHU MAKSUD dari semua buku, tapi kok Saya masih BELUM MENDAPATKAN HASIL ya?”

hahaha, disinilah gw berada, baru teori saja!! bahkan belum menguasai teori secara keseluruhan. oh my god!! nah, jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan di atas adalah,

“apakah saya sudah MEMPRAKTEKAN semua yang telah SAYA PELAJARI tersebut di medan perang???”

ya jelas BELUUUM!! makanya kita belum menemukan hasil yang memuaskan…

akhirnya untuk menjawab pertanyaan itu, kita pun mulai mempraktekan apa yang telah kita pelajari, mulailah kita berbicara di depan umum, awal-awal masih grogi, bingung, cemas, demam panggung. dan akhirnya kita pun lancar berbicara di depan umum… tapi timbul lagi sebuah pertanyaan??

“kok saya sudah HAFAL semua TEORI, saya sudah LATIHAN berkali-kali dan saya telah bisa BERBICARA LANCAR DI DEPAN UMUM KETIKA LATIHAN, namun setelah beberapa minggu setelah latihan kenapa saya kembali seperti awal lagi??”

jawaban yang pas untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah!

“apakah saya BENAR-BENAR menjadikan sesuatu yang saya pelajari tersebut menjadi BAGIAN DIRI SAYA sehari-hari, atau hanya PADA SAAT LATIHAN saja?”

ya jelas hanya saat latihan saja!! nah, jika kita berada di dalam situasi seperti ini, cobalah untuk SADAR bahwa dengan hanya LEARN dan PRACTICE, kesuksesan HANYA AKAN DATANG pada Saat LATIHAN saja!
disini gw teringat akan hal yang mirip seperti situasi ini, yaitu ketika kita belajar hanya sehari sebelum ulangan, maka kita dapat nilai yang bagus (ini pun jarang hehehehe), tetapi dalam jangka waktu yang panjang, apa yang kita pelajari akan memudar dan hilang. itu dikarenakan kita hanya belajar saat mau ulangan, tetapi ilmu yang kita pelajari tidak menyatu pada jati diri kita (curhat). oke, back to topic!!

maka disini kita memerlukan apply, yaitu fase membuat PRAKTEK tersebut menjadi BAGIAN diri kita. fase ini terserah cara nya gimana, yang perlu digaris bawahi yaitu “apapun caranya! yang penting sesuatu yang dipelajari dapat menjadi jati diri kita”.

lalu timbullah pertanyaan lagi?

“kok saya sudah HAFAL semua TEORI, saya sudah LATIHAN berkali-kali, saya telah bisa berbicara lancar di depan umum, dan saya sudah menjadikan semua teori MENJADI JATI DIRI SAYA , namun kenapa HASIL yang saya dapatkan TIDAK seperti yang saya harapkan?”

jawaban yang pas untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah!

“apakah saya sudah ME-REPEAT kembali JATI DIRI saya dan melihat kesalahan-KESALAHAN yang saya alami, serta BELAJAR dari KESALAHAN tersebut?”

jawabnya : BELUUUUM!!

nah gw coba jelasin bagian ini, otak kita itu sangat KOMPLEKS dan RUMIT, sehingga karena kekomplekannya itu, apa yang kita lihat, apa yang kita pelajari mungkin berbeda dari seharusnya, atau bisa di bilang BERBEDA SUDUT PANDANG. ketika kita mempelajari sebuah teori atau apapun itu, PERBEDAAN SUDUT PANDANG dalam mempelajari dapat mengakibatkan PENAFSIRAN yang BERBEDA, dan belum tentu penafsiran yang kita dapat itu BENAR! bisa saja itu SALAH!! tapi uniknya, ketika kita MENGAPLIKASIKANNYA apa yang kita pelajari, yang sudah tentunya dengan SUDUT PANDANG KITA. kadang PENGALAMAN yang kita peroleh dapat MERUBAH PENGERTIAN kita dalam memandang TEORI tersebut.

jadi simple nya gini, ketika mempelajari teori kita MENYIMPULKAN teori tersebut adalah A, lalu setelah kita APLIKASIKAN ternyata kita menyadari bahwa apa yang KITA SIMPULKAN ITU SALAH, sehingga kita tahu bahwa KESIMPULANNYA berubah menjadi B, nah disinilah kita membutuhkan REPEAT, untuk mengetahui kesalahan-kesalahan dalam mempelajari teori.

Oleh karena itu, FASE REPEAT adalah ME-REVIEW kembali semua pengalaman yang di dapat dan menjadikan jati diri kita, lalu MENGULANG PROSESNYA KEMBALI dari proses LEARN, namun proses LEARN yang sekarang! memiliki makna yang berbeda dari sebelumnya yang didapat dari PENGALAMAN kita, KARNA KITA SUDAH MENGETAHUI KESALAHANNYA.

jadi kesimpulannya kalau kita ingin SUKSES, inget prosesnya, yaitu :LEARN, PRACTICE, APPLY dan REPEAT… lalu ulangi lagi, ulangi lagi, ulangi lagii sampai capek!! hahahaha…

tapi ada yang perlu digaris bawahi bahwa “teori itu mudah dan aplikasinya sangat-sangat tidak mudah alias suliitt!”. Tapi kalau SEMANGAT, apapun itu bias dilalui. SEMOGA!

(ini menurut apa yang telah gw baca, belum gw pelajari ato praktekin! tapi gw mau praktekin kecil-kecilan dulu,hehehehe.. ..)

hahahaha, gw udah NGANTUUK!! JARUM JAM SUDAH HAMPIR MENDEKATI SATU MALEM!!
BOBO AKH!! 😀

Iklan

1 Komentar»

  sempulur wrote @

Dengan kerja keras dan kerja yang cerdik maka segala hal yang kita harapkan akan tercapai karena 2 unsur tersebut tidak bisa dipisahkan dari KESUKSESAN seseorang dalam berkarya.
Dan tanpa strategi segala yg kita lakukan hanya akan menjadi pekerjaan yang sia-sia belaka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: