Misbah's Blog

Kehidupan Penuh Dengan Cerita

uas yang paling ekstrim!!!

uas bahasa arab!!! TIDAK!!!

kenapa ya, kalau belajar bahasa arab susah banget. apa karna gw dari SMA bukan dari MAN atau pesantren makanya gw belet banget, atau mungkin yang ngajar bahasa arab gw di kuliah cepet banget ngajarnya, tapi emang itu yang gw rasain. dan ini berdampak di UAS gw.

ternyata, waktu uas bahasa arab semester satu. dosen bahasa arab itu yang mengawasi. padahal yang namanya bahasa arab buat gw itu susah di mengerti, mau pakai apa kek tetep aja susah, terlalu banyak keanehan disana. dan kalau udah terdapat kata “tidak mengerti” di otak gw, maka jalan keluarnya adalah mencontek. oke, ini jangan ditiru kalau sobat emang sudah mengerti pelajarannya, karna nyontek itu dosa kata orang-orang dan gw melakukan itu!

kesialan gw bermula dengan datangnya itu dosen bahasa arab, pak Amin namanya. bukan nama samaran, tapi nama asli. begitu dia masuk ruangan semua anak sontak yang tadinya rame kayak pasar di pagi hari pas tanggal muda berubah jadi kyak kuburan pas tengah malem di tengah hutan di hari jumat kliwon, hahaha lebayy!!
untungnya gw nyari tempat paling strategis buat nyontek di dunia, yaitu di pojok. ya pojok bener-bener pojok. jadi jarak paling jauh antara yang ngawas sama yang diawas ya di tempat gw duduk ini.

pada awalnya masih biasa, enggak ada keanehan yang terjadi, begitu kertas ujian di bagiin. kepala gw tiba-tiba pusing ngelihat itu soal bahasa arab, lagi-lagi ketemu arab gundul!! huh. seperti biasa kalau arabnya sudah gundul, maka kepala gw berasa menjadi gundul. gw cuma bisa menghela napas and cuma pasrah ama nasib gw. hampir seperempat jam gw enggak ngerjain apa-apa, cuma sebagian aja yang gw kerjain, itu juga belum tentu bener, malah gw yakin itu salah. mulai dah mata gw ngelirik ke samping gw. orang yang duduk di samping gw namanya fahmi. sikap jahiliyah gw pun timbul. dengan suara yang amat pelan seperti kentut di empet, gw berguman dengan dia. kira-kira gini gumaman gw bersama fahmi klo gak salah!

gw : sssttt mi!! mi!! fahmi!!
fahmi : (nengok ke gw masang muka cengok)
gw : liat donk!!
fahmi : tar dulu, gw juga lagi ngliat!! lu liat aja punya gw!! (kesel, ngerasa diganggu)

yess, serasa dikasih kesempatan, gw pun gak melewatkan kesempatan yang gak dateng untuk kedua kalinya ini.
gw ngelirik, gw baca, terus salin.
gw ngelirik lagi, gw baca lagi, terus gw salin lagi.
begitu seterusnya sampai mata gw jadi buncit.

soal lirik melirik mah gw mahir tapi kalau soal baca tulisan itu gw agak ribet, si fahmi yang gw contek tulisannya kayak ceker bebek, enggak mudah dimengerti. walhasil cukup lama gw bisa nyontek sama si fahmi. tapi emang dasarnya apes, temen yang gw contek sejenis kayak gw, sama-sama dudul sama yang namanya bahasa arab. dia juga lagi asiknya menyalin jawaban temen sebelahnya. terlalu sibuk dia dengan kegiatannya, ahkirnya gw bertanya ke depan, temen yang duduk di depan gw namanya rosid, jawa tulen dia. asli buatan madiun.

gw :sid!! sid!! oh sid boy!! (dengan nada pelan)
rosid : (nengok kesana kemari nyari sumber suara)
gw : sid yang ini udah belom lu??
rosid : %$#@^&(^%#$^ (kaga jelas ngomong apaan saking kecilnya suaranya)

gw langsung ngarti itu orang ngomong apaan begitu dia menunjukin jawaban yang masih bersih dari tulisan-tulisan. ini baru sad boy namanya!!
jadi gw mikir kalau tempat duduk gw yang gw kira tempat paling strategis buat nyontek ternyata salah besar, emang sih kalau nyontek disini enak, tapi percuma aja kalau yang dicontek juga enggak ngarti, sama aja boong!!

lagi-lagi gw cuma bisa menghela napas. walhasil dengan mata gw yang ala kadarnya ini yang terus-terusan ngelirik ke sebelah gw (gak bisa mengharapkan dari si rosid boy) kaga bisa menghasilkan hasil yang maksimal, masih setengah soal yang belum bisa gw jawab. sementara waktu terus berjalan dan dengan sombongnya enggak mau mundur.
ternyata eh ternyata udah setengah jam gw lewatin, waktu masih saja terus berjalan tanpa menghiraukan jawaban gw yang belum gw kerjain sentengah. temen-temen gw yang sudah selesai ngerjain soal keluar satu persatu tanpa menghiraukan juga jawaban gw yang belom gw kerjain sentengah. gw masih aja susah buat nyontek, temen sebelah gw sudah pasrah sejak sebelahnya keluar dari kelas. walhasil gw, fahmi, and rosid masih meringkuk di pojokan kelas. hampir semua tmen gw udah pada kluar, yang tersisa cuma empat orang. satu orang sisanya itu anak cewek, namanya nur.

karena sudah mau habis waktu untuk ngerjain and sudah enggak bisa nyontek, secara gitu dah 4 orang doank. gw pun dengan muka yang putus aja mencoba ngerjain ala kadarnya, gw bingung, gw salin aje tulisan yang ada di soal saking beletnya gw. makin keliatan dah bodohnya gw. pas lagi asik-asiknya nyalin. temen gw nur (salah satu orang yang masih meringkuk di kelas) kaget ngeliat itu dosen enggak ada di kelas. gw pun jadi sontak kaget bersama temen sebelah gw sama depan gw. gw berempat akhirnya melupakan apa yang kita tulis, kita buru-buru keluar terus nyari dosen ke luar kelas.

pas nyampe luar kelas, gw enggak menemukan itu dosen. dosennya kayak raib ditelan buaya, enggak bersisa sama sekali. gw berempat panik total, muter-muter digedung udah kayak anak ilang. akhirnya temen gw inisiatif buat nyamperin aja ke tempat ruangannya, kalau enggak salah si fahmi yang punya inisiatif kayak gitu. dia ngomong kira-kira begini:
fahmi : cuy, mending kita samperin aja yuk ke ruangannya, daripada muter-muter kayak gini.
gw ma rosid mikir-mikir, tapi bener juga, daripada nyari dosen yang enggak tahu keberadaannya mending cegat aja di ruangannya.
gw dan rosid pun mengiyakan ajakannya. akhirnya gw bertiga (si nur ngilang entah dimana) ke luar fakultas menuju ke gedung laboraturium (tempat ruangan dosen arab). baru nyampe lift, si fahmi bengong, kebodohan terjadi lagi. dia nanya gini:

fahmi : sid, lu tahu lantai berapa ruangannya??
rosid : ( bengong )
gw : dih, lu mang gak tau??
fahmi : gw tau dia ruangannya di laborat sini, tapi gw gak tau lantai berapa??
gw : ah tulul lu!!
rosid : terus kita ngapain donk disini??
fahmi : (bengong )
gw : (bengong )
rosid : (bengong

akhirnya kita mutusin buat nunggu dosen di depan pintu masuk laborat. bener, gak berapa lama si nur dateng sama guru bahasa arab yang dari tadi kita cari. tanpa komando apa-apa kita bertiga langsung menghampiri mereka, sekalian ngasih lembar jawaban yang belum selesai. tapi sayang, itu dosen diam seribu bahasa, enggak menghiraukan kami yang ada di deket situ. yaudah deh kita ikutin aja itu dosen jalan. akhirnya sampai juga di ruangan itu dosen, kita di sana minta maaf sama itu dosen, entah maaf apa gw enggak tahu. akhirnya dengan waktu yang berjalan dan tak menghiraukan kami, kita pun berhasil menyerahkan jawaban kami. dengan penuh kekesalan, kebodohan, dan ketololan kami keluar ruangan dan berlalu dalam damai.

hehehe, pengalaman gw soal UAS yang paling ekstrim!! sempet- sempetnya gitu nyari dosen yang kabur ninggalin mahasiswa yang diawasnya. mungkin gara-gara ini gw dapet nilai bahasa arab gw dengan nilai yang sangat mengenaskan!! heboh sendiri.
Keliatannya gw kudu gudiken kali ya biar bisa bahasa arab, hehehe apa hubungannya?? Pokoknya apa yang gw tulis don’t try this at skull or kul, oke!! hehehe, terserah deh.
oke! sekarang gw mengaku kalah, besok atau suatu saat gw bakal lebih baik lagi, gw enggak mau nyari-nyari dosen lagi, tapi dosen yang nyari gw.
hahaha, enggak mungkin!!
Tapi tetep semangat untuk menjadi lebih baik!!

Iklan

4 Komentar»

  drizzletrouble wrote @

semangattt!!! ^^ mau gudikan dulu??

:ngakak:

  drizzletrouble wrote @

ayo ikutan IBSN… ^^

  drizzletrouble wrote @

sekalian ikut HETRIIKK…. ^^

  drizzletrouble wrote @

Mas, ada Pe er buat mas di blogku… dicek ya…

n dikerjain,,, wiikikikk…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: